Selamat Datang di Website Setiyono

Anda Penjejak Ke:


CARA PANDANG MENENTUKAN KESUKSESAN

Kamis, 21 Februari 20130 komentar



Oleh : Setiyono
Faktor penting yang menyebabkan orang-orang besar dan sukses di dunia ialah cara pandangnya. Mereka senantiasa memandang segala hal dengan baik dan mampu mengambil hikmah dari segala peristiwa yang terjadi dalam kehidupannya, hingga mereka mampu membuat satu formula penting dan menghasilkan kesuksesan.
Mahatma Gandhi pernah berkata “keberhasilan ditentukan oleh pandangan yang baik terhadap sesuatu”. Artinya, ketika seseorang menginginkan kesuksesan maka ia harus memiliki pandangan positif terhadap segala bentuk permasalahan yang di hadapi dalam kehidupan. Bila seseorang pandangannya selalu negatif, maka kesuksesan akan menjauhinya dan kegagalan akan memeluknya dengan erat.  
Mengembaralah kedalam diri, dan bertanya seperti apa pandangan kita selama ini, apakah banyak yang positif atau negatif. Dengan kemauan untuk mengembara dalam diri, akan memudahkan untuk mendeteksi dan menetralisir bila memang ada pandangan negatif yang muncul dari diri kita. Sebagaimana yang di katakan oleh  Dr. James MacConnell, “Pandangan kita terhadap sesuatu muncul tumbuh dari keyakinan diri kita”.  
Setiap orang memiliki kemampuan untuk merubah cara pandang. Namun yang menjadi masalah adalah, keberanian seseorang untuk merubah cara pandangnya itulah yang masih lemah. Ada orang cenderung takut untuk merubah cara pandang lama yang tidak memiliki kemajuan menjadi baru dan penuh kemajuan. Hal ini tentu menjadi penghambat bagi seseorang dalam meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Karena ketakutan itu menjadi belenggu yang memberikan gambaran kepada diri jika merubah cara pandang maka kehidupan tidak akan memiliki kejelasan. Ketakutan itulah yang harus dibuang jauh-jauh oleh seseorang yang ingin merubah cara pandangnya menjadi lebih baik.
Ada 4 hal yang bisa di lakukan untuk memiliki cara pandang yang baik :
1.      Sambut masalah dengan senyuman
2.      Katakan yang baik untuk semua orang
3.      Syukuri apa yang dimiliki
4.      Berhenti menyalahkan masa lalu

#Sambut masalah dengan senyuman    
Ini menjadi hal penting untuk di lakukan oleh orang yang menginginkan cara pandang yang baik. Cobalah untuk tersenyum namun tetap serius ketika di hadapkan dengan permasalahan, walaupun permasalahan itu rasanya begitu berat untuk kita. Karena dengan membiasakan diri untuk bisa tersenyum, maka jiwa akan menjadi lebih tenang dan cara pandang pun akan menjadi lebih luas, sehingga memudahkan diri untuk bisa mencari solusi dari permasalahan itu.
Berbeda halnya ketika kita menghadapi masalah dengan wajah cemberut, hal ini akan menyebabkan jiwa menjadi tegang dan cara pandang pun akan menjadi sempit, bila sudah demikian, solusi untuk permasalahan akan sulit di temukan. 
#Katakan yang baik untuk semua orang
Orang yang cerdas adalah orang yang mampu membalas perkataan buruk orang lain dengan perkataan baik. Apapun perkataan buruk orang lain kepada kita, maka tidak perlu repot membalasnya dengan perkataan yang tidak baik. Karena itu hanya akan memposisikan kita dalam tingkatan yang sama seperti orang tersebut.
Berusahalah untuk selalu bertutur kata baik kepada semua orang, karena hal ini akan membuat kita bisa lebih mudah memiliki cara pandang yang baik.     
#Syukuri apa yang dimiliki
Apapun yang kita miliki saat ini, syukurilah. Tidak perlu lelah membanding-bandingkan dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, karena itu hanya akan memberikan kegelisahan dalam jiwa dan menghilangkan kebahagiaan hidup.
Rasa syukur atas apa yang dimiliki akan memudahkan kita untuk memiliki cara pandang yang baik, yakinlah apa yang kita miliki saat ini adalah hal terbaik dari Allah swt, dengan begitu maka kehidupan akan menjadi lebih indah dari sebelumnya.
#Berhenti menyalahkan masa lalu
Orang yang sibuk menyalahkan masa lalu, maka ia tidak akan pernah menikmati indahnya kesuksesan. Karena hari-harinya hanya akan terisi dengan penyesalan, sementara orang-orang di luar sana sudah banyak yang sibuk mempersiapkan masa depan.
Berhentilah menyalahkan masa lalu, tataplah masa depan dengan optimis. Karena seperti apapun kita menyesali masa lalu,tetap tidak akan kembali dan tidak akan merubah masa depan. Pramoedya Ananta Toer pernah mengatakan “apapun yang membebani kita, maka lepaskan”. Ketika masa lalu membebani kehidupan kita, dan menyita waktu karena larut dalam penyesalan, maka bersegeralah untuk melepaskannya dan tidak perlu lagi menyesalinya.
Ingat, masa lalu bukanlah cerminan masa depan, persiapkan diri untuk meraih kesuksesan dan berbahagialah.
Selamat mencoba.
Salam hangat.   



Silahkan share artikel ini : :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger