Selamat Datang di Website Setiyono

Anda Penjejak Ke:


MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI

Jumat, 15 Februari 20130 komentar



Oleh : Setiyono
Bila hidup menginginkan kesuksesan, maka rasa percaya diri menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang mengingingkan kesuksesan itu. Mengapa? Karena kalau tidak memiliki kepercayaan pada diri sendiri, kita cenderung menghindari untuk berhubungan dengan orang lain, padahal segala macam kesuksesan dalam kehidupan ini pasti akan selalu berhubungan dengan orang lain.
Contoh, ketika seorang mahasiswa hendak mempresentasikan tugas kuliahnya kepada dosen dan rekan-rekan mahasiswa lainnya, namun dirinya tidak memiliki rasa percaya diri bahwa ia mampu mepresentasikan tugasnya tersebut dengan sangat baik di hadapan rekan-rekan dan dosennya, sudah bisa di pastikan hasilnya tidak akan optimal. Karena ia akan berfikir sesuatu yang belum tentu terjadi, ia akan berfikir bagaimana komentar rekan-rekannya nanti, bagaimana penilaian dosennya, dan ia merasa bahwa dirinya tidak memiliki kecakapan untuk mempresentasikan tugas itu. Dan hal ini akan berdampak kepada sikapnya ketika mempresentasikan tugasnya tersebut, ia akan cenderung malu, gagap, dan tidak sesuai dengan konsep yang sudah di rencanakan sebelumnya.
Itulah pentingnya rasa percaya diri, setiap orang yang menginginkan kesuksesan harus memiliki rasa percaya diri ini. Percayalah dengan segala kemampuan diri, dan berilah motivasi pada diri bahwa kita mampu meraih kesuksesan itu. Karena bukan soal sebagus apa kita memiliki cita-cita, tapi sebaik apa kita memiliki rasa percaya diri sehingga memudahkan untuk bisa mewujudkan cita-cita itu.
Membangun Rasa Percaya Diri
Dalam  membangun rasa percaya diri, ada lima hal penting yang bisa di lakukan :
1.      Perbaiki Penampilan
2.      Berfikir positif
3.      Takutkan diri hanya kepada Allah
4.      Perbanyak Membaca
5.      Ikuti pelatihan peningkatan kapasitas diri


#Perbaiki Penampilan
Penampilan seseorang akan mempengaruhi penilaian awal orang lain kepada dirinya, hal tersebut tidak bisa di nafikan. Penampilan yang di maksud ialah dari sisi busana. Karena itulah dalam hal menumbuhkan rasa percaya diri, seseorang harus senantiasa menjaga penampilannya, agar ketika dirinya bertemu dengan orang untuk membicarakan kerja-kerjanya ataupun hal-hal lain yang bisa mengarahkannya meraih kesuksesan, ia akan merasa percaya diri dengan penampilannya. Selanjutnya baru aspek yang lain, misalnya pemahamannya akan kerja tersebut dan juga kemampuan komunikasinya.
Biasakan diri untuk berpenampilan semenarik mungkin, rapi dan harum. Tapi tidak harus dengan barang-barang yang mahal, sesuai dengan yang kita miliki saja. Dengan begitu, maka rasa percaya diri akan mudah tumbuh dalam diri kita.
#Berfikir Positif
Hal yang membuat seseorang tidak memiliki rasa percaya diri salah satunya ialah karena ia suka berfikiran negatif, contohnya saja ketika seseorang di minta untuk berbicara di depan publik, nah bagi orang yang suka berfikiran negatif, ia akan berfikir tentang apa-apa yang akan di katakan orang kepada dirinya nanti, dan bagaimana bila nanti ia tidak bisa menjawab pertanyaan orang, atau bagaimana bila nanti ia salah-salah dalam berbicara. Maka ia akan di cemeeh dan di caci maki oleh orang banyak. Hingga pada akhirnya ia pun tampil sesuai dengan yang ada dalam fikirannya itu, karena rasa percaya dirinya sudah ia tutupi dengan fikiran-fikiran negatif. Ingat, berhati-hatilah dengan apa yang kita fikirkan, karena apa yang kita fikirkan akan mempengaruhi tindakan kita di masa depan.
Biasakanlah diri untuk berfikir positif, fikirkan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Maka dengan demikian rasa percaya diri pun akan mudah tumbuh.
#Takutkan diri hanya kepada Allah
Tidak ada sesuatu yang layak kita takuti di dunia ini, selain hanya takut kepada Allah swt. Sebagai seorang muslim, hal ini tentu sudah menjadi keharusan untuk di tanamkan dalam jiwanya.
Ketika seseorang sudah benar-benar merasa bahwa dirinya tidak takut apapun kecuali hanya kepada Allah swt, maka seperti apapun kondisi dan tantangan yang ia hadapi ia akan tetap percaya diri untuk bisa melewati itu semua. Karena itulah penting bagi seorang muslim yang hari ini masih takut kepada selain Allah hingga membuatnya tidak memiliki rasa percaya diri, maka mulailah dari sekarang untuk mengatakan kepada diri bahwa kita hanya takut kepada Allah swt dan berani untuk mengahadapi segala macam tantangan kehidupan.
#Perbanyak Membaca
Membaca, selain bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman akan suatu disiplin ilmu, juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan membaca seseorang akan mengerti banyak hal. Dan dengan mengertinya tentang berbagai hal, maka seseorang akan jauh lebih mudah untuk memiliki rasa percaya diri.
Ia akan mudah nyambung bila diajak berkomunikasi dengan rekan-rekan bisnisnya, rekan-rekan kuliahnya, ataupun rekan yang lain. Sehingga hal ini akan membuatnya lebih percaya diri. Terlebih lagi bila bersemangat membaca Al Qur’an, maka jiwa akan kokoh, dan kekokohan jiwa akan melahirkan rasa kepercayaan diri yang dahsyat.
#Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diri
Mengikuti berbagai pelatihan yang mendidik kita untuk meningkatkan kapasitas diri juga penting untuk di lakukan bagi orang yang ingin memiliki rasa percaya diri. Karena di situlah kita akan belajar bagaimana meningkatkan kapasitas diri. Misalnya ketika di dalam pelatihan tersebut kita di minta untuk berbicara ke depan peserta lain, maka kita tidak perlu malu karena pesertanya juga orang-orang yang sama seperti kita, mereka ikuti pelatihan itu dengan tujuan yakni ingin meningkatkan kapasitas diri. Di sanalah kesempatan kita untuk meningkatkan rasa percaya diri.
Selamat mencoba.
Salam hangat.               

  

Silahkan share artikel ini : :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh PUSAT MULTIMEDIA
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger